Ternyata Kita disayang Allah lho..

Di dalam kitab Tanbihul Ghafilin dikatakan ada 5 bentuk kasih sayang Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.


1. Allah SWT menjadikan manusia lemah. Biar umat kekasih-Nya tahu akan diri mereka lemah dan tidak berlaku sombong. Tetapi karena manusia itu pelupa maka banyak yang tak sadar akan kelemahannya.


2. Allah SWT menjadikan umat Nabi Muhammad berukuran kecil bila dibandingkan dengan umat-umat terdahulu. Hikmahnya agar semua manusia cepat merasa cukup akan kebutuhannya, baik sandang, pangan dan papan. bayangkan kalau kita dijadikan besar-besar, gunung mana lagi yang tidak terjamah, bentuk kemacetan seperti apa yang akan terjadi.


3. Bentuk sayang selanjutnya adalah dijadikan umur umat Nabi pendek. Umur manusia sekarang umumnya berkisar 63 tahun sangat singkat bila dibanding dengan umat terdahulu yang mencapai 1000 tahun. Hikmahnya adalah kalau umat kekasihnya ini hidup dalam keadaan taat maka akan cepat merasakan hasil dari taatnya itu. Maka apabila mereka hidup dalam keadaan maksiat maka hanya sebentar saja dia dalam gelimangan dosa dan kemungkinan hukuman nantinya pun lebih singkat. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi mereka yang mati kafir, karena umat Muhammad SAW nantinya pasti akan masuk surga sampai semua dosanya dibakar.


4. Dijadikan umat Muhammad SAW dalam keadaan miskin-miskin dan fakir-fakir supaya nantinya tidak lama hisabnya (timbangan).


5. Di utus Nabi di Akhir zaman, agar umat Muhammad tidak lama menunggu kiamat setelah meninggal karena sungguh orang yang sudah meninggal mendoakan agar cepat-cepat kiamat.


Semoga kita bisa hidup dan meninggal dalam keadaan berstatus umat Nabi Muhammad SAW.


 Intisari khutbah


Reactions

Post a Comment

2 Comments

  1. amin ya rabbal 'alamin

    ReplyDelete
  2. Amin semoga selalu dalam petunjuknya dan tetap tercatat sebagai pencari ilmu yang akan mendapat dispensasi nantinya.. amin.

    ReplyDelete

Close Menu