Jenis, Bentuk dan Skor IELTS

IELTS singkatan dari International English Language Testing System, yang berarti sitem tes bahasa Inggris berskala international. IELTS diperkenalkan pada tahun 1989 untuk membantu universitas dalam mengukur kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa baru. Di beberapa negara, IELTS juga digunakan sebagai materi tes umum untuk pengurusan imigrasi dan mencari kerja.


Dua jenis IELTS, Academic test dan General Training test:


1. Academic IELTS test adalah tes untuk yang ingin belajar bahasa Inggris di Universitas (S1 dan S2). IELTS ini dirancang khusus untuk mengukur pemahaman dan kegunaan dari bahasa akademik.


2. General Training IELTS test adalah tes untuk mengukur kemampuan pemahaman bahasa Inggris seseorang secara umum. Tes ini cocok digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi, mencari pekerjaan dan kepentingan urusan imigrasi.


Tes IELTS terdiri dari listening (mendengar), reading (membaca), writing (menulis) dan speaking (bicara).


FORMAT TES IELTS


Bila ditinjau dari jenisnya soal IELTS (academic dan general training) memiliki persamaan pada soal listening dan speaking, sedangkan writing dan reading berbeda sesuai dengan tujuan menilai kemampuan akademiknya ataupun menilai kemampuan berbahasa Inggris secara umum. Bila tes diadakan dalam sekali waktu maka ketika sesi listening dan speaking semua peserta tes boleh disatukan dan ketika sesi reading dan writing partisipan harus dipisah sesui dengan jenis tes apa yang akan diikuti peserta tes tentunya sesuai dengan tujuan pula.


WAKTU


30 menit untuk listening test


60 menit untuk reading test


60 menit untuk writing test


11-14 menit untuk speaking test.


SKALA PENILAIAN


Skala penilaian IELTS berbeda dengan penilaian pada TOEFL PBT (paper base test) yang bersifat ratusan yaitu 310-677. Sedangka pada IELTS skala penilaiannya dari 1-9 dengan katagori tersendiri per skornya. Semakin tinggi skor yang diperoleh maka semakin bagus pemahaman peserta tes terhadap bahasa Inggris persesi. Adapun nilai skor dan katagorinya adalah:


0 : No original English used


1 : Non user


2 : Intermittent user


3 : Extremely limited user


4 : Limited user


5 : Modest user


6 : Competen user


7 : Good user


8 : Very good user


9 : Expert user


Didala hasil tesnya yang dinamakan dengan Test Result Form (TRF) akan diberikan skor persesi dan skor keseluruhan.


Summarized.

Reactions

Post a Comment

4 Comments

  1. Selamat malam Nirwan's File
    Saya mau tanya mengenai score IELTS. Setiap sesion kan ada score-nya, nah buat score ielts sendiri itu diambil rata-rata atau gimana? Ex: Listening 5, Reading 4,5 and writing 5. Jadi score-nya berapa?
    Trims
    Selvia

    ReplyDelete
  2. selamat malam... selvia, sory telat balas lama tdk sempat posting di blog pribadi saya ini... untuk skor IELTS itu diambila rata-rata. maka pada kasus selvia nilainnya 5. secara khusus cara perhitungannya saya juga belum tau pasti, cuma pernah ada pengalaman listening 5, reading 6, writing 6, speaking 7 nilanya 6. pada contoh ini nilai speaking membantu listening sehingga semua nilainya 6.
    sudah saya telusuri tapi belum ketemu cara menghitung nilai IELTS secara spesifik. untuk tambahan informasi tentang mengukur jumlah soal yang betul dan kriteria penilaian IELTS bisa klik di ejudulskripsi.com

    ReplyDelete
  3. Apa yang saya temukan dari artikel ini sungguh berguna untuk kami.
    Alhamdullilah, saya harap pada berita selanjutnya pasti lebih atraktif lagi.

    Sukses untuuk Anda.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah bila sedikit hal yang saya share bisa berguna bagi anda.. insyaallah nanti kalo ada waktu akan saya upload yang lain. thanks for the comment.

    ReplyDelete

Close Menu